Review Film Midway ( Rigim Boy Dainga)

Dec 16,2019
Jika anda pecinta film bergenre Perang, maka anda wajib menonton Film yang satu ini.
Midway, Film ini merupakan film yang di angkat dari kisah nyata pertempuran Amerka Serikat dengan Kekaisaran Jepang pada tahun tahun 1942 yang berakhir pada tahun 1945. Film ini disutradarai oleh Roland Emmerich yang menjadi salah satu alasan saya menonton film ini. Dalam film ini Roland Emmerich menghadirkan beberapa aktor ternama : Patrick Wilson(Edwin Layton) Nick Jonas(Bruno Gaido), Ed Skrein(Dick Best), Aaron Eckhart(Jimmy Doolittle),Woody Harrelson (Chester Nimitz).

Sebelum lanjut saya mau mengingatkan kepada yang belum menonton film ini bahwa dalam review saya akan ada spoiler yang berlebihan hingga membuat berat badan anda naik. Saran saya sebaiknya anda lansung menontonnya supaya anda tidak merasakan sesuatu yang hambar dikarenakan spoiler berlebih. Untuk menontonnya anda bisa lansung ke biosop terdekat dari rumah anda, tapi sayangnya di bioskop sudah tidak tayang. Tapi jangan khawatir, Ingat ! kita tinggal di Indonesia yang artinya suka membajak, maka anda bisa menontonnya di beberapa situs penyedia film bajakan.

Central Question
Dalam sebuah film bergenre Action and War tentu yang menjadi pertanyaan utama adalah Siapa yang akan menjadi pemenangnya.
Nah ! siapa yang akan jadi pemenangnya ? Amerika atau Jepang ? scroll sampai sukses....

Rising Tension
1. Perjanjian perdamaian Amerika Serikat dengan Kekaisaran Jepang.
Pada tahun 1938, intelijen USA Edwin T. Layton berada di Jepang selama beberapa tahun, karena pada saat itu Jepang dengan Amerika mempunyai hubungan perdagangan yang baik, khususnya dalam lingkup militer. Pada scene awal Film ini menunjukan ke akrabban Amerika dengan jepang yang memperlihatkan Suasana makan malam di kediaman Laksamana Jepang Isaroku Yamamoto. Setelah itu menunjukan scene Edwin T. Layton dengan Laksamana Isaroku Yamamoto sedang memperbincangkan masalah Jepang kehilangan pasokan minyak sebesar 80%, yang pada saat itu Presiden Roosevelt (Presiden Amerika saat itu) melarang semua ekspor besi tua, baja dan minyak ke Jepang. Dan menyuruh Edwin T. Layton untuk memberitahu Amerika agar mempertimbangkan keputusan yang di keluarkan presiden Roosevelt. Pada saat itu Edwin T. Layton juga mengatakan bahwa tidak ada yang menginginkan dunia berperang. setelah itu apa yang terjadi ??

Empat Tahun kemudian :
  • Dunia Sedang Berperang ( The World is at war)
  • Jepang menaklukkan Cina dan Hitler menguasai eropa ( Japan has invated china and Hitler has Overrum Europe )
  • Dan Amerika Serikat dalam posisi netral. ( The US has remained officially neutral)
2. Penyerang Pearl Harbour.
Empat tahun setelah pertemuan tersebut pada 7 Desember 1941 Jepang menyerang Pearl Harbour,Hawai yang pada saat itu merupakan pangkalan AL Amerika serikat. Serangan inilah yang memicu keterlibatan Amerika Serikat secara langsung di dalam Perang Dunia II. Dalam penyerangan tersebut Jepang merusak delapan kapal tempur dari Amerika, tiga kapal penjelajah, tiga kapal perusak, satu kapal latih anti pesawat udara,satu kapal penyebar ranjau dan Jepang juga merusak 188 pesawat tempur dari AS yang juga mengakibatkan korban jiwa sebanyak 2.403. Dari sinilah ketegangan dan keseruan dari film ini dimulai...

3. Peperangan Amerika Serikat dengan Jepang.
Setelah penyerangan Jepang terhadap Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai. Amerika dan Jepang saling serang selama kurang lebih setahun di lautan pasifik maupun ke berbagai kota - kota. Pada tanggal 1 Februari 1942, Marshall Island, Amerika melakukan penyerangan kepada kapal Jepang yang saat itu berada dilautan pasifik, namun saat itu jepang bisa lansung mengadakan perlawanan balik dengan beberapa pesawat tempur mereka. 18 April 1942, lagi - lagi Amerika melakukan penyerangan kepada Jepang dengan menjatuhkan Bom di beberapa titik di kota Tokyo. Setelah itu apa yang terjadi ? scroll lagi dong...

4. Serangan Balik Amerika ke Jepang.
Setelah beberapa bulan melakukan persiapan, dari segi kekuatan maupun informasi yang didapat Amerika mengetahui rencana penyerangan besar Jepang kepada mereka, yang awalnya amerika mengira bahwa sasaran jepang berikutnya adalah Washington. Tapi setelah Laksamana Nimitz memiliki aset yang tidak ternilai,melalui tim analisis kriptografi Amerika Serikat (HYPO) telah membongkar sandi angkatan laut Jepang dengan kode JN-25. Akhirnya Amerika mengkomfirmasikan bahwa target Jepang berikutnya adalah Midway bukan Washington. Oleh karena itu Amerika menyusun strategi yang sangat matang untuk menggagalkan rencana jepang tersebut dan melakukan Penyerangan yang besar kepada jepang. Disini merupakan scene terbaik menurut saya dikarenakan suasana dalam scene ini sangat menegangkan dan sangat seru pastinya. Dalam peperangan ini Amerika memiliki kekuatan yang kalah jika dibandingkan dengan Jepang yaitu : 3 kapal induk, 25 kapal pendukung, 233 kapal induk, 127 pesawat dari pangkalan darat. Sedangkan Jepang memiliki : 4 kapal induk, 2 kapal tempur,15 kapal pendukung (kapal penjelajah ringan dan berat, kapal perusak), 248 pesawat kapal induk, 16 pesawat amfibiTidak ikut serta: 2 kapal induk ringan, 5 kapal tempur,, 41 kapal pendukung. Terus siapakah yang akan memenangkan perang ? Ingat, Amerika sudah mengetahui Strategi dari lawan dengan kode JN-25. Inilah yang menguntungkan Amerika saat itu mereka mengetahui segala strategi dari Jepang. Dan pada tanggal 4 Juni 1942 jam 6.55 dari arah barat laut dengan posisi 320° 170 mil/jam, meski perkiraan T. Layton meleset 5 menit, 5° dan 5 mill pasukan Armada AS mampu melakukan perlawanan dan menghancurkan kapal-kapal induk Jepang yang akhirnya membuat Jepang menyerah dan Amerika Serikat menang telak.

Climax
Climax dari film Midway ini adalah saat dimana Jepang mengeluarkan surat mengundurkan diri / mengaku kalah dari Amerika.

Symbol
Simbol dari film ini menurut saya adalah kekuatan armada AL dari Jepang yang kuat dan banyak tapi bisa dikalahkan Amerika.

Resolution
Jepang yang memilih mundur dan menyerah dari peperangan membuat pasukan Armada bernafas lega dan bisa kembali kepada keluarga yang telah menanti lama.

Universal Truth
Jumlah bukanlah Penentu Siapa yang Terkuat.

Akhirnya sampai disini juga. sekarang saya akan memberikan penilaian saya kepada Film Midway ini.
Dari 1 - 10 saya memberikan angka 9. kenapa ? karena film ini diangkat dari kisah nyata oleh karena itu membutuhkan usaha yang lebih agar film ini tidak salah dan melenceng dari fakta yang ada. Dari CGI-nya juga sudah baik sekali menurut saya dan Pengambilan Angle-nya pun sudah sangat baik, terlebih juga untuk sound effectnya sudah sangat sangat baik. mungkin itu saja review dari saya Terimakasih sudah membaca, Syalom..

Ditulis Oleh : Rigim Boy Dainga (18041184015)